«

»

Dec 25

Strategi Pembelajaran Aktif : Group Resume (Resum Kelompok)

Biasanya sebuah resume menggambarkan hasil yang telah dicapai oleh individu. Resume ini akan menjadi menarik untuk dilakukan dalam group dengan tujuan membantu siswa menjadi lebih akrab atau melakukan team building (kerjasama kelompok) yang anggotanya sudah saling mengenal sebelumnya. Kegiatan ini akan lebih efektif jika resume itu berkaitan dengan materi yang sedang diajarkan.

Langkah-langkah pembelajaran:

  1. Bagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil terdiri dari 3-6 anggota.
  2. Terangkan pada mereka bahwa kelas mereka itu di penuhi oleh individu individu yang penuh bakat dan pengalaman.
  3. Sarankan bahwa salah satu cara untuk dapat mengidentifikasi dan menunjukkan kelebihan yang di miliki kelas adalah dengan membuat resume kelompok.
  4. Bagikan pada setiap kelompok kertas plano (kertas buram ukuran koran) dan spidol untuk menuliskan resume mereka. Resume harus dapat mencakup informasi yang dapat menjual “kelompok” secara keseluruhan.
  5. Minta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan resume mereka dan catat keseluruan potensi yang di miliki oleh keseluruan kelompok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× 5 = fifteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>