«

»

Sep 28

Penilaian Beban Kerja Dosen

Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 tentang Dosen, disebutkan bahwa dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tugas utama dosen tersebut adalah melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (dua bleas) SKS dan paling banyak 16 (enam belas) SKS pada setiap semester sesuai kualifikasi akademik. Pelaksanaan tugas utama dosen ini perlu dievaluasi dan dialporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepa para pemangku kepentingan. Buku pedoman ini dimaksudkan untuk memberikan arah dan tatacara penetapan Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Tridharma Perguruan Tinggi.

Terkadang dosen hanya mengejar sertifikasi dan setelah tunjangan didapatkan seolah lupa jika serdos itu bisa dicabut jika dosen tidak melaksanakan tugas fungsinya.

Pelaksanaan penilaian dilakukan oleh asesor internal yang ditunjuk oleh lembaga penjamin mutu yang menilai BKD dosen. Penilaian dilakukan melalui soft file maupun hard file dilengkapi bukti kegiatan. Semoga penilaian BKD ini sebagai bentuk tanggung jawab dosen terhadap fungsionalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 − two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>