«

»

Mar 31

Pembuatan Diagram Konteks dan Data Flow Diagram (DFD)

Pada sesi ini akan dijelaskan bagaimana pembuatan Diagram Konteks dan DFD dari suatu pengembangan aplikasi, Alur dari Diagram Konteks sangat mempengaruhi Data flow diagram. Sebelum dijelaskan tentang cara pembuatannya ada baiknya kita mengerti tentang apa itu Diagram konteks dan Data flow Diagram ( DFD )

Diagram Konteks

Diagram konteks adalah diagram yang terdiri dari suatu proses dan menggambarkan ruang lingkup suatu sistem. Diagram konteks merupakan level tertinggi dari DFD yang menggambarkan seluruh input ke sistem atau output dari sistem. Ia akan memberi gambaran tentang keseluruhan sistem. Sistem dibatasi oleh boundary (dapat digambarkan dengan garis putus). Dalam diagram konteks hanya ada satu proses. Tidak boleh ada store dalam diagram konteks.

Data Flow Diagram (DFD)

Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi.

DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.

DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.

Baiklah untuk lebih mudah marilah kita buat contoh Diagram Konteks dan DFD dari sebuah Tema : Aplikasi Ujian Online.

Langkah 1 :

Buat perencanaan siapa sajakah user yang akan menggunakan aplikasi Ujian online terebut, misalkan ada 2 entitas yaitu admin dan mahassiwa dengan uraian tugas sebagai berikut :

Admin :

  1. Menginputkan Soal
  2. Melihat data soal
  3. Melihat data Mahasiswa
  4. Melihat data nilai

Mahasiswa :

  1. Daftar Ujian Online
  2. Lihat Biodata
  3. Edit Biodata
  4. Lihat Soal
  5. Ujian Online
  6. Lihat Nilai

Langkah 2 :

Nah dari 2 entitas itu mari kita buat Diagram Konteks nya :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five × = 30

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>