«

»

Mar 09

Contoh Proposal Aplikasi Sistem Akuntansi Pengeluaran Dana BOS Pada SMP “X” Berbasis Web

Berikut ini contoh skripsi atau penelitian IT tentang aplikasi sistem informasi pengeluaran dana Bos pada SMP X Berbasis web, semoga dapat membantu adik-adik yang sedang mencari tema skripsi, untuk lebih jelasnya dapat kontak webmaster :

1.1      Latar Belakang Masalah

Pendidikan sangat penting untuk semua orang, karena dengan pendidikan semua orang akan mempunyai bekal untuk hidupnya dimasa yang akan datang, selain itu dengan pendidikan orang yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Pendidikan didapat dari sekolah, untuk dapat mengikuti sekolah dibutuhkan biaya. Tetapi di zaman sekarang tidak semua orang tua memiliki biaya yang cukup untuk menyekolahkan anak-anaknya. Oleh kerena itu, banyak orang tua yang tidak mampu untuk menyelesaikan sekolah anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi bahkan ada yang tidak sama sekali mampu untuk menyekolahkan anaknya. Padahal pemerintah telah memberlakukan program wajib belajar 9 tahun yaitu dari tingkat SD sampai dengan tingkat SMP. Sehingga saat ini banyak anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan yang wajar.

Sekarang ini pemerintah mempunyai suatu kebijakan untuk membatu para orang tua yang mempunyai kesulitan dalam membiayai sekolah anak-anaknya khususnya untuk tingkat SD sampai dengan SMP. Kebijakan tersebut berupa bantuan dana yang disebut Bantuan Operasional Sekolah atau BOS. BOS adalah program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar yang disalurkan kepada instansi-instansi Pendidikan khususnya untuk Sekolah tingkat SD sampai SMP baik Negeri maupun Swasta yang telah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan yang disalurkan setiap periode tertentu.

Dengan adanya dana BOS ini dapat meringankan beban orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya maupun yang sedang menyekolahkan anaknya, karena dengan adanya dana tersebut pihak orang tua tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pendidikan anaknya karena semua telah ditanggung oleh dana BOS tersebut. Sehingga tidak akan terjadi lagi masalah kekurangan biaya unntuk menyekolahkan anaknya. Oleh karena itu, dari perolehan dana BOS tersebut penyelenggara sekolah tentunya harus menggunakan dana BOS tersebut sesuai dengan tujuan yang ditentukan oleh pemerintah dan harus disesuaikan dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) atau RAPBS yaitu berupa pembiayaan seluruh kegiatan sekolah dalam rangka penerimaan siswa baru, pembelian buku referensi untuk koleksi perpustakaan, pembelian buku teks pelajaran, pembiayaan kegiatan pembelajaran seperti ramedial, pengayaan, olahraga, kesenian, pembiayaan ulangan harian serta umum, pebiayaan langganan jasa dan daya, untuk perawatan sekolah, pembayaran honorarium bulanan guru honorer, dan pembiayaan lainnya sesuai dengan kegiatan sekolah dan RKAS atau RAPBS tersebut.

Penyelenggara sekolah harus dapat mempertanggung jawabkan penggunaan dana BOS tersebut sesuai dengan rincian yang harus dikeluarkan. Namun ada saja masalah yang timbul dari adanya dana BOS tersebut, biasanya banyak sekolah-sekolah yang tidak mengeluarkan dana tersebut sesuai dengan RKAS atau RAPBS yang telah disepakati oleh pihak sekolah dan pihak pemberi dana Bos tersebut yaitu Pemerintah Pusat.

Dengan adanya pengeluaran dana BOS maka pihak penyelenggara sekolah pun memiliki kewajiban untuk membuat laporan-laporan pertanggung jawaban dari pengeluaran dana BOS tersebut. Maka dibutuhkan sebuah sistem yang mampu menangani kebutuhan dalam pengeluaran dana, penyusunan laporan hingga pelaporan per periode tertentu. Karena sistem yang dilakukan masih secara manual maka dibutuhkan sistem komputerisasi agar dapat mempermudah proses pembuatan dari laporan- laporan pertanggung jawaban tersebut.

Dari uraian diatas, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan observasi  untuk memenuhi Tugas Akhir Komputerisasi Akuntansi Pada SMP X dengan judul :

APLIKASI SISTEM AKUNTANSI PENGELUARAN DANA BOS PADA SMP X BASIS WEB”.

 1.2      Identifikasi Masalah

Sesuai dengan latar belakang masalah yang telah dijelaskan, maka penulis akan menguraikan pokok-pokok masalah yang dikaji dalam Tugas Akhir Komputerisasi Akuntansi ini adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana prosedur – prosedur yang membentuk sistem yang digunakan dalam Sistem Akuntansi Pengeluaran Dana BOS pada SMP X?
  2. Bagaimana Pengendalian Intern yang terdapat dalam Sistem Akuntansi Pengeluaran Dana BOS pada SMP X?
  3. Bagaimana cara menentukan budget dari dana BOS sehingga dana tersebut tidak over all?
  4. Laporan – laporan apa saja yang digunakan dalam pertanggungjawaban penggunaan dana BOS pada SMP X?
  5. Bagaimana program aplikasi sistem pengeluaran dana BOS pada SMP X?

1.3      Batasan Masalah

Agar Permasalahan yang akan dibahas dalam Tugas Akhir ini tidak berkembang terlalu luas dan mengarah pada suatu penyelesaian yang benar, maka perlu adanya batasan masalah. Dalam hal ini, pembahasan mencakup pembuatan program aplikasi Sistem Akuntansi Pengeluaran Dana BOS pada SMP X menggunakan PHP, AJax, HTML, XML, Macromedia dan Database dibangun menggunakan MySQL Prosedur-prosedur terkait meliputi:

  1. Prosedur pengajuan dana BOS ke Tim Manajemen BOS kota/kab.
  2. Prosedur penerimaan dana BOS.
  3. Prosedur pengajuan/permintaan pengeluaran dana BOS.
  4. Prosedur pengeluaran dana BOS.
  5. Prosedur pencatatan transaksi.
  6. Prosedur pembuatan laporan.

1.4      Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian Sistem Akuntansi Pengeluaran Dana BOS pada SMP X ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui prosedur – prosedur apa saja yang terdapat dalam sistem akuntansi pengeluaran dana BOS pada SMP X.
  2. Untuk mengetahui bagaimana pengendalian intern yang terdapat dalam sistem akuntansi pengeluaran dana BOS pada SMP X.
  3. Untuk mengetahui bagaimana alokasi dana BOS dilakukan dengan cara penetapan anggaran untuk setiap periode
  4. Untuk memudahkan penyusunan laporan – laporan yang akan digunakan dalam rangka mempertanggungjawabkan penggunaan dana BOS
  5. Membuat program aplikasi Sistem Akuntansi Pengeluaran Dana BOS  pada SMP Negeri 2 Mandirancan menggunakan bahasa pemograman web.

1.5      Metodelogi  Penelitian

Untuk memperoleh data yang penulis butuhkan dalam menyusun laporan penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data-data yang dibutuhkan dengan menggunakan beberapa metode pengumpulan data antara lain:

  1. Penelitian Lapangan (Field Research)

Penelitian lapangan adalah metode pengumpulan data dengan cara mengamati langsung objek yang diteliti. Jenis data yang digunakan untuk keperluan penelitian Lapangan ini yaitu menggunakan jenis data primer.

Data primer yaitu data yang diperoleh dari kumpulan secara langsung dari objek penelitian dengan cara melakukan wawancara dengan bagian-bagian yang terkait, yaitu kepala sekolah, bendahara dan staf guru atau karyawan.

Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah sebagai berikut :

1. Observasi

Adalah teknik yang dilaksanakan dengan mengadakan pengamatan langsung secara teliti yaitu ke SMP Negeri 2 Mandirancan, terlibat dalam kegiatan dan pencatatan secara sistematis.

2. Wawancara

Adalah suatu metode atau teknik yang digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam tugas akhir ini dengan cara tanya jawab dengan Kepala Sekolah, Bendahara, Staf Guru.Untuk mengolah data yang telah dilakukan guna menjawab permasalahan di atas.

3. Studi Kepustakaan (Library Research)

Penelitian kepustakaan adalah metode pengumpulan data dengan cara mencari informasi dengan membaca buku-buku atau sumber tulisan yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas dengan tujuan memperoleh data yang bersifat teori. Jenis data yang digunakan untuk keperluan studi kepustakaan ini yaitu menggunakan jenis data sekunder. Data Sekunder atau data pendukung atau pelengkap yang berkaitan dengan pokok permasalahan berupa informasi yang diperoleh dari buku-buku dan internet.

1.6     Tempat Pelaksanaan

Adapun tempat pelaksanaan yang penulis datangi untuk mencari beberapa informasi yang dibutuhkan dalam menyusun tugas akhir ini yaitu di Sekolah SMP X .

1.7     Sistematika Pembahasan

Dalam penulisan observasi ini terbagi menjadi beberapa bab, setiap bab berisi penjelasan mengenai pokok pembahasan yang ada. Berikut ini adalah sistematika penulisannya :

BAB I  PENDAHULUAN

Bab ini akan membahas mengenai latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, metodologi penelitian, tempat pelaksanaan, dan sistematika pembahasan.

BAB II  LANDASAN TEORI

Bab ini akan menjelaskan tentang konep dasar yang dibahas dalam ruang lingkup penulisan laporan dan penjelasan secara teoritis tentang sistem akuntansi pengeluaran dana BOS.

BAB III  ANALISIS DAN PERANCANGAN

Bab ini membahas sejarah singkat instansi beserta gambaran umum instansi, struktur organisasi, sistem dan prosedur akuntansi pengeluaran kas, sistem pengendalian intern, flowchart, naratif, pembuatan database, design dan tampilan program pengeluaran kas dana BOS dari sistem akuntansi pengeluaran dana BOS pada SMP X.

BAB IV  IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

Bab ini membahas tentang implementasi dari perancangan program serta pengujian dengan menggunakan metode black box.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini menjelaskan kesimpulan dan saran-saran yang diperlukan atau masukan untuk memperbaiki sistem yang dibuat.

Administrator by eTunas Software Development

Etunas Research Development

Etunas Research Solution

2 comments

  1. Hilman

    Kalo boleh tau, ini skripsinya punya siapa n dari kampus mana ya.?

    soalnya kalo boleh saya mau pake buat tinjauan pustaka skripsi saya.
    Terimakasih

    1. saluky

      itu contoh skripsi riset dari etunas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× three = 24

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>